Manfaat Kunyit

Kunyit adalah salah satu tanaman rempah – rempah asli Indonesia. Selain dari Indonesia kunyit juga berasal dari berbagai negara di Asia Tenggara. Selain memiliki manfaat sebagai bahan rempah – rempah atau bumbu masak alamiah, kunyit juga merupakan tanaman yang memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh dan kecantikan. Kunyit memiliki berbagai nama berbeda di daerah yang berbeda, misalnya Turmeric (Inggris), Kunir (Jawa), Koneng (Sunda), Konye (Madura), Alawaha (Gorontalo) dan lainnya. Dalam masakan kunyit memberikan warna kuning dan sensasi rasa tertentu untuk makanan. Selain itu kunyit juga membantu mengawetkan makanan secara alami.

Pada bidang farmasi kunyit dimanfaatkan sebagai obat – obatan yang diproduksi berbentuk kapsul atau table, ada yang dibuat dengan bahan kunyit sepenuhnya dan ada yang ditambahkan dengan berbagai jenis bahan farmasi lainnya. Sebagai bahan obat kunyit berfungsi untuk mendinginkan badan, membersihkan saluran pencernaan, melepaskan gas di dalam lambung, menghentikan pendarahan dan penggumpalan darah, obat anti gatal, antiseptik dan obat anti kejang. Kunyi sebagai bahan obat tradisional dapat dikonsumsi dari hasil rebusan kunyit. Untuk tubuh bagian luar kunyit dapat mengobati bengkak dan otot terkilir. Pada gangguan pernafasan seperti hidung tersumbat, kunyit dipercaya membantu melegakan pernafasan dengan cara dibakar dan dihirup uapnya.

Kunyit dengan berbagai manfaatnya memiliki kandungan kurkuminoid, desmetoksikumin, bisdesmetoksikurkumin, keton sesquiterpen, turmeron, zingiberen, felandren, sabinen, borneol dan sineil. Kunyit juga mengandung Lemak sebanyak 1 sampai 3% dari total keseluruhannya, Karbohidrat sebanyak 3%, Protein 30%, Pati 8%, Vitamin C 45-55%, dan garam-garam mineral, yaitu zat besi, fosfor, dan kalsium.

DapurMedan memanfaatkan kunyit sebagai bahan alami untuk menambah khasiat pada beberapa jenis makanan catering baik catering ibu hamil, catering ibu melahirkan maupun catering acara. Dengan manfaat kunyit yang baik, DapurMedan juga menghindari penggunaan pewarna kimia dan perasa kimiawi.

Sumber: Kunyit

Scroll to Top