Makanan Untuk Pengidap Rematik Asam Urat

Rematik asam urat dialami karena banyaknya kadar asam urat dalam darah, sehingga terbentuk kristal tajam pada persendian yang menimbulkan rasa sakit. Untuk mengurangi resiko mengalami asam urat kita harus menjaga pola makanan dan jenis makanan yang dimakan, khususnya menghindari makanan yang mengandung kadar purin tinggi.

Makanan berkadar purin tinggi antara lain, daging merah, jeroan, ikan berminyak, dan makanan laut.

Selain menghindari makanan tertentu berat badan sehat juga perlu dijaga dengan menyeimbangkan aktivitas olahraga dan aktivitas yang tidak mengganggu persendian. Aktivitas yang tidak disarankan bagi para pengidap rematik asam urat adalah berenang.

Bagi penderita asam urat sangat disarankan untuk membatasi konsumsi daging merah, daging sapi, daging kambing dan daging bebek. Jeroan seperti hati, otak, ginjal, jantung. Juga, beberapa jenis ikan seperti sarden, tuna, makarel. Selain itu juga hindari minum bir, makanan laut dan makanan-makanan manis.  Pada beberapa sayuran seperti bayam, jamur, kembang kol, kacang polong, kacang panjang, kacang merah, juga mengandung purin yang tinggi. Namun sayur tersebut tidak meningkatkan risiko rematik asam urat.

Makanan yang disarankan untuk dikonsumsi adalah buah-buahan, seperti jeruk, melon, apel. Juga sayuran hijau, wortel, dan tomat. Meminum air lebih banyak juga disarankan, dengan jumlah air minimal 2 liter per hari.

Perbanyak makan makanan sumber karbohidrat yang lebih kompleks seperti kentang dan beras merah. Juga, mengonsumsi produk susu rendah lemak.

Semoga info ini berguna untuk membantu menjaga kesehatan anda.

Referensi : Pilihan Makanan untuk Pengidap Rematik Asam Urat (Kompas)