makanan-penting-bergizi-ibu-hamil

Ibu Hamil Hindari Makanan Ini

Ketika hamil, seorang ibu hamil sebaiknya memilih makanan sehat untuk dikonsumsinya. Dengan mengkonsumsi makanan sehat, perkembangan bayi dan ibu hamil akan lebih baik.

Berikut ini daftar makanan yang DapurMedan.com himpun yang harus dihindari oleh ibu hamil:

Susu / Keju yang belum dipasteurisasi
Pasteurisasi adalah proses untuk membunuh bakteri atau mikroba lainnya agar makanan atau minuman layak untuk dikonsumsi. Susu atau Keju yang belum dipasteurisasi sebaiknya tidak dikonsumsi, untuk menghindari penyebaran bibit penyakit.

Seafood mengandung merkuri
Beberapa jenis hewan laut, seperti Ikan todak (swordfish), tenggiri, hiu, tuna, dan kerang merupakan beberapa jenis makanan laut yang mengandung merkuri tinggi. Merkuri memberikan dampak buruk bagi kesehatan, seperti gagal ginjal, gangguan saraf dan gangguan sistem kekebalan tubuh.

Ikan mentah
Ikan mentah maupun ikan yang dimasak kurang matang, sebaiknya dihindari oleh ibu hamil. Karena dengan mengkonsumsi ikan kurang matang, ibu hamil memiliki resiko terserang bakteri yang dapat menyebabkan infeksi pada saluran pencernaan. Jika ingin memakan makanan laut, pastikan dimasak hingga matang.

Daging mentah
Sama seperti ikan mentah, daging yang tidak dimasak matang pun dapat menjadi media penyebaran bibit penyakit. Sehingga, daging pun harus dimasak hingga matang jika ingin mengkonsumsinya.

Buah dan Sayuran Tidak Dicuci
Buah dan Sayur juga dapat menjadi media penyebaran penyakit, jika tidak dicuci bersih, khusus nya toksoplasma. Buah dan sayu yang hendak dimakan, harus dicuci bersih untuk mencegah penyebaran penyakit melalui buah dan sayuran.

Jeroan
Jeroan memiliki nutrisi, namun mengkonsumsi nya terlalu banyak dapat menyebabkan gangguan liver. Ibu hamil, sebaiknya menghindari konsumsi jeroan berlebihan.

Telur mentah
Telur mentah dapat menjadi media penyebaran bakteri Salmonella. Bakteri ini akan menyebabkan diare, muntah – muntah, demam dan kram perut. Terdapat sedikit kasus kelahiran premature karena sering nya terjadi kram perut.

Kafein
Makanan dengan kandungan kafein sebaiknya dibatasi. Beberapa makanan tersebut misalnya kopi, teh dan cokelat. Konsumsi kopi per hari maksimal yang disarankan adalah 2 hingga 3 gelas kopi.

Minuman Beralkohol
Minuman dan makanan beralkohol salah satu yang harus dihindari. Tidak hanya buruk untuk kesehatan, alkohol juga terkadang menyebabkan gangguan alergi pada bayi yang sedang dikandung.

Sumber: Alodokter

Jika anda membutuhkan makanan sehat berupa catering ibu hamil atau catering ibu melahirkan (catering ciapo), silakan menghubungi DapurMedan.com untuk informasi.