Mengenal Penyakit Batu Ginjal

DapurMedan.com – Batu ginjal atau yang dalam istilah medis disebut nephrolithiasis adalah materi keras yang terbuat dari mineral atau garam dan terbentuk di dalam ginjal. Batu ginjal umumnya ditemui di sepanjang saluran urin, ureter, kandung kemih serta uretra.

Jika batu ginjal berhasil keluar dari tubuh, biasanya rasanya cukup menyakitkan. Namun, tidak akan menyebabkan bahaya yang permanen. Namun, jika batu ginjal tidak dapat keluar dari tubuh dan tersangkut di saluran urine, batu ginjal dapat menyebabkan infeksi atau penyakit komplikasi. Sehingga untuk mengeluarkan batu ginjal diperlukan operasi.

Penyebab Batu Ginjal

Tidak ada penyebab pasti dari terbentuknya batu ginjal. Namun penyebab batu ginjal dapat dianalisa dari bahan terbentuknya batu ginjal.

Batu Ginjal Kalsium
Jika batu ginjal terbentuk dari kalsium oksalat, maka terbentuknya batu ginjal tersebut karena mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium oksalat dalam jumlah besar, seperti keripik kentang, kacang, cokelat, bit dan bayam. Oksalat adalah substansi alami yang diproduksi oleh hati manusia dan dapat ditemukan juga di dalam makanan.

Batu Ginjal Asam Urat
Batu ginjal asam urat ini umumnya disebabkan karena tubuh kekurangan cairan atau diet tinggi protein. Untuk mencegahnya cukup minum cukup air setiap harinya.

Batu Ginjal Struvit
Batu ginjal struvit ini terbentuk karena terjadinya infeksi pada saluran kemih. Batu ginjal jenis ini berkembang dan membesar dengan cepat tanpa ada gejala yang dirasakan.

Batu Ginjal Sistin
Batu ginjal ini terbentuk karena penyakit turunan yang menyebabkan ginjal memproduksi terlalu banyak asam amino tertentu (cystinuria).

Gejala Penyakit Batu Ginjal

Gejala penyakit batu ginjal hanya dapat dirasakan seseorang jika batu ginjal sudah mulai bergerak di dalam ginjal atau keluar ke ureter (saluran antara ginjal dan kandung kemih).

Pada laki-laki, batu ginjal biasanya ditandai dengan rasa sakit di area selangkangan. Selain itu, berikut ini gejala penyakit batu ginjal:

  • Darah di urin
  • Muntah
  • Mual
  • Urin berbau sangat tidak sedap
  • Demam
  • Rasa ingin buang air kecil terus-menerus

Penyebab Penyakit Batu Ginjal

Penyakit batu ginjal disebabkan oleh berbagai hal, seperti:
– keturunan. Jika ada anggota keluarga yang memiliki riwayat penyakit ginjal, kemungkinan anggota keluarga lain juga dapat mengalaminya.
– dehidrasi. Kurang minum air juga dapat sebabkan batu ginjal.
– diet. Diet tertentu yang menyebabkan banyak mengonsumsi protein, garam dan gula bisa meningkatkan risiko terbentuknya batu ginjal.
– obesitas
– penyakit pencernaan. Operasi bypass lambung, penyakit radang usus atau diare kronis bisa mengakibatkan perubahan dalam proses pencernaan. Perubahan ini bisa mempengaruhi penyerapan kalsium dan air sehingga meningkatkan level zat pembentuk batu di urin.

Pengobatan Penyakit Batu Ginjal

Pengobatan batu ginjal dapat dilakukan dengan mengevaluasi terlebih dahulu jenis batu ginjalnya. Umumnya bentuk pengobatan yang dilakukan adalah menggunakan obat-obatan, lithotripsy (menghancurkan batu ginjal menggunakan gelombang kejut), operasi batu ginjal dan ureteroscopy.

Mencegah Penyakit Batu Ginjal

Minum cukup air setiap hari adalah cara termudah mencegah munculnya penyakit batu ginjal. Selain itu, juga disarankan untuk mengurangi konsumsi makanan yang mengandung oksalat dan garam.