buah-durian

Ibu Hamil Dilarang Makan Durian ? Mitos !

Jika anda pernah mendengar bahwa ibu hamil dilarang makan durian, semoga dengan artikel ini dapat memperjelas bahwa itu hanyalah sekedar mitos.

Realita nya durian mengandung vitamin C dan Kasium. Selain itu juga mengandung zinc yang baik untuk kesehatan mata dan jaringan kulit. Buah durian pun mengandung salam folat yang membantu mendorong pembentukan sel darah merah yang kaya akan oksigen. Asam folat juga membantu perkembangan janin.

Durian juga mengandung lemak tak jenuh yang baik bagi ibu hamil. Dengan kandungan lemak tak jenuh ini, kolesterol jahat dalam tubuh ibu hamil dapat berkurang jumlahnya setelah makan durian. 

Meski demikian, konsumsi durian harus dibatasi bagi ibu hamil. Kandungan gula yang tinggi di dalam durian mampu memicu mual dan muntah. Selain itu kandungan gula dalam darah dapat menjadi meningkat jika memakan durian berlebihan. 

Di masyarakat terdapat mitos bahwa buah durian dapat menyebabkan keguguran janin. Namun, mengenai hal ini belum ada fakta medis ataupun penelitian yang membenarkan mitos ini. Sehingga masyarakat tidak perlu mempercayai jika buah durian dapat menyebabkan keguguran.

Jika seorang ibu hamil ingin makan buah durian, sangat disarankan untuk mengimbanginya dengan makan – makanan bergizi lainnya, seperti ikan, sayur, daging, dan telur. 

Kesimpulannya, ibu hamil boleh makan buah durian (duren) namun dengan jumlah yang dibatasi. 

Sumber : Kompas