confinement-catering

Catering Ciakpo atau Ai Guek Lai

Bagi para ibu yang baru melahirkan, khusus nya para wanita keturunan tionghoa tentu mengerti mengenai tradisi kesehatan ciapo. Sebuah tradisi mengatur menu makanan setelah melahirkan. Tujuan ciapo atau ciakpo atau confinement catering ini adalah untuk menjaga kesehatan wanita pada usia lanjut.

Kita bisa melihat para wanita cina meskipun sudah tua tapi masih tetap sehat. Bahkan kita melihat leluhur tionghoa banyak yang masa tua nya hingga putus nafas tidak mengalami sakit seperti kalangan saat ini. Para orang tua di jaman-jaman sebelumnya berhasil menjaga kesehatan tidak hanya karena aktivitas yang dilakukan nya sehari-hari tapi juga karena pola makan dan menu makanannya.

Ciapo sangat dianjurkan bagi para ibu yang baru melahirkan atau pun orang yang sakit karena makanan ciapo mengandung herbal alami tanpa obat-obatan kimiawi yang menjaga tubuh tetap sehat di usia tua dan mengembalikan kesehatan tubuh setelah sembuh dari sakit, sembuh dari luka maupun demi masa pemulihan setelah proses melahirkan.

Ciapo sendiri tidak hanya diracik dari bahan tumbuhan herbal alami, tapi ciapo juga menggunakan buah-buahan dan daging hewan tertentu untuk menambah khasiat dan nutrisi dari ciapo itu sendiri. Biasanya bahan baku daging yang digunakan dalam menu makanan ciapo adalah ayam kampung, daging sapi, daging babi, ikan gabus dan lainnya. Tentu daging yang dipilih pun tidak boleh sembarangan, misalnya tidak boleh banyak lemak dan sebagainya.

Biasanya ciapo ini bisa dimasak sendiri atau menggunakan jasa Ai Gwe Lai (bibi yang memasak masakan ciapo selama minimal 30 hari hingga 40 hari, terkadang juga membantu mengurus bayi dan ibunya). Namun, semakin hari para bibi yang memberikan jasa seperti ini semakin sedikit. Karena semakin luntur nya kultur dan budaya cina di Indonesia.

Sesekali saya bertanya pada teman saya yang menggunakan jasa Ai Gwe Lai. Ternyata biaya nya berkisar mulai dari Rp 20 juta untuk jasa selama 30 hingga 40 hari (tarif ini berlaku pada saat tulisan ini ditulis). Kalau pun ada yang menawarkan jasa tersebut lebih murah, sayangnya bibi tersebut tidak benar-benar memahami racikan herbal untuk masakan ciapo dengan baik. Biasa bibi yang menawarkan jasa murah tersebut hanya mengenal beberapa jenis racikan saja. Bahkan ada yang sembarang memasukkan daging dan takaran angcio. Angcio memang bagus untuk dimasak dengan beberapa bahan herbal untuk kesehatan, tapi ada takaran tertentu dan harus melihat kondisi tubuh dari orang yang akan mengkonsumsi ciakpo.

Untuk catering ciapo, biasa nya anda hanya menerima makanan tanpa ada nya bibi yang membantu mengurus anak bayi dan ibu melahirkan. Biasanya catering ciakpo ini diantarkan untuk makan 1 hari. Sebab menu ciakpo sangat tidak direkomendasikan untuk disimpan lebih dari sehari karena akan kurang baik.

Catering ciapo bisa menjadi sebuah solusi catering ibu melahirkan ataupun bagi orang yang baru sembuh dari sakit karena biaya nya tentu jauh lebih murah ketimbang mempekerjakan Ai Gwe Lai atau Confinement Nannies. Namun, tentu catering ciapo ini harus disesuaikan dengan kebutuhan anda. Apakah anda membutuhkan bantuan bibi untuk mengurus anak bayi dan ibu melahirkan tersebut atau tidak.

Jika anda memerlukan catering ciapo atau confinement catering atau catering ibu melahirkan silakan menghubungi DapurMedan.com