Asal Mula Saripati Ayam

Saripati ayam sudah dikenal akan khasiatnya, konon saripati ayam mulai terkenal luas sejak King George IV dari Inggris mengonsumsinya. Meskipun sebenarnya saripati ayam ini sudah mulai dikonsumsi di Cina. Saripati ayam sudah dikenal dengan manfaatnya untuk kesehatan, bahkan membantu menyehatkan kesehatan pencernaan.

Saripati ayam adalah makanan berbentuk cair yang tergolong sebagai suplemen nutrisi, terbuat dari ayam pilihan. Saripati ayam bukan makanan olahan ayam yang dimasak sembarang, ayam harus dimasak dengan panas dan tekanan agar protein alami pada daging ayam menjadi peptida lebih kecil yang mudah dicerna oleh tubuh.

Saripati ayam yang alami tanpa campuran apapun umumnya tidak memiliki rasa yang kuat sebagaimana masakan daging ayam dengan bumbu. Bahkan rasanya cenderung hambar dan agak pahit. Sedangkan untuk saripati ayam alami dengan ramuan herbal akan memiliki campuran rasa herbalnya.

Bagi atlet, olahragawan atau yang melakukan aktivitas fitness saripati ayam membantu memulihkan tubuh yang kelelahan. Namun, khasiat ini hanya akan dirasakan jika saripati ayam dikonsumsi secara rutin. Biasanya khasiat saripati ayam bagi tubuh akan terasa setelah satu hingga empat minggu. Khasiat ini bisa dirasakan tubuh karena kandungan anserine dan carnosine yang dikandung saripati ayam.

Pada pengobatan tradisional Tiongkok, minuman sari pati ayam dipercaya memperbaiki kualitas kekuatang tulang dan otot tubuh, meningkatkan metabolisme tubuh, mengurangi kelelahan akibat aktifitar kerja berat dan membantu meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Bagi wanita yang baru melahirkan, saripati ayam sangat direkomendasikan sebagai salah satu makanan bernutrisi untuk membantu tubuh melakukan pemulihan.

Untuk memproses saripati ayam biasanya dilakukan dengan cara pengukusan berjam – jam agar nutrisi yang dihasilkan tidak rusak. Bagi sebagian orang tentu proses ini merepotkan. Sehingga mengonsumsi saripati ayam yang dibeli lebih mudah.

Secara ilmiah berbagai manfaat saripati ayam yang ditemukan adalah:

  1. Membantu mengatasi kelelahan mental
  2. Memperbaiki kualitas daya ingat jangka pendek
  3. Memperbaiki suasana hati
  4. Mengatur kadar gula darah dalam tubuh
  5. Memperkuat kekebalan tubuh
  6. Meningkatkan produksi ASI

Membantu Mengatasi Kelelahan Mental

Bekerja dan belajar memerlukan konsentrasi yang dapat mengakibatkan kelelahan mental. Gejala kelelahan mental umum nya berupa: kesulitan konsentrasi, kesulitan berpikir, cemas, mudah marah, kehilangan gairah terhadap hobi, susah tidur, mudah bingung dan mudah frustasi. Sebuah penelitian pernah dilakukan dengan melibatkan 20 orang pria dengan mengonsumsi saripati ayam selama 4 minggu. Hasilnya para pria yang mengonsumsi saripati ayam lebih cepat pulih dari kelelahan mental.

Memperbaiki Kualitas Daya Ingat Jangka Pendek

Kualitas daya ingat dipengaruhi oleh tingkat stress. Dengan tingkat stress yang tinggi, daya ingat dan konsentrasi menurun. Sebuah studi dilakukan terhadap para pekerja muda yang tingkat stressnya tinggi selama 2 minggu, dengan mengonsumsi saripati ayam kualitas daya ingat jangka pendek para pekerja muda meningkat.

Memperbaiki Suasana Hati

Kelelahan dan kondisi lingkungan sekitar dapat memperburuk suasana hati. Makanan bernutrisi seperti saripati ayam memiliki fungsi yang baik bagi tubuh yang mempengaruhi fungsi kognitif. Dengan mengkonsumsi makanan bernutrisi tinggi, tubuh dapat lebih mudah meredakan kecemasan dan memperbaiki suasana hati.

Mengatur Kadar Gula Darah dalam Tubuh

Mengkonsumsi makanan bernutrisi berupa saripati ayam terbukti mampu mengurangi kadar gula dalam tubuh. Pengurangan kadar gula dalam tubuh ini terjadi karena kandungan L-Carnosine di dalam saripati ayam yang meningkatkan kemampuan tubuh mengatur kadar gula dalam darah. Dalam pengobatan tradisional cina, saripati ayam merupakan salah satu makanan wajib rutin yang harus dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Memperkuat Kekebalan Tubuh

Bagi orang Cina, saripati ayam dipercaya membantu memperkuat kekebalan tubuh sehingga tubuh lebih sulit terjangkit penyakit seperti flu dan penyakit akibat perubahan cuaca lainnya. Karena nutrisi yang dikandung pada saripati ayam memperlengkapi metabolisme tubuh agar bekerja lebih maksimal.

Meningkatkan Produksi ASI

Sebuah penelitian lain yang melibatkan 235 ibu hamil dengan persalinan normal menunjukkan bahwa produksi ASI pada ibu yang mengonsumsi saripati ayam secara rutin sebanyak 2 botol setiap 3 hari membantu meningkatkan produksi ASI secara signifikan ketimbang mengonsumsi plasebo ataupun suplemen vitamin lainnya.

Meskipun tidak semua orang menyukai rasa dari saripati ayam, namun manfaat saripati ayam sangat besar bagi kesehatan. Sehingga sangat cocok dikonsumsi oleh siapapun.

Jika anda berminat untuk mengonsumsi saripati ayam herbal maupun saripati ayam non-herbal, silakan hubungi DapurMedan.com untuk pemesanan.

Scroll to Top