egg_beef_burger

Ini Sejarahnya hamburger

DapurMedan.com – Di restoran cepat saji, biasanya sering tersedia menu makanan hamburger atau yang sering disebut burger. Burger, makanan berupa dua roti bundar dengan bagian tengah berisi daging, sayur, tomat, saus, selada, bawang bombay, maupun lainnya cukup favorit di restoran cepat saji. Tapi tahukah anda bagaimana sejarahnya ?

Hamburger, tidak berasal dari kata Ham melainkan dari kata “Hamburg”. Hamburg adalah kota asal makanan Hamburger ini. Makanan ini menjadi lebih terkenal di Amerika karena imigran yang bermukim ke Amerika. Hamburger, dalam arti kata yang sebenarnya berarti “makanan yang berasal dari Hamburg”.

Meski begitu, ada beberapa versi catatan mengenai sejarah Hamburger. Di Eropa, hamburger berasal dari tradisi makanan bangsa Tartar. Bangsa tartar memiliki kebiasaan memakan daging mentah dengan siraman air jeruk. Untuk membuat agar daging mentah menjadi empuk, daging mentah diletakan di bawah sadel kuda mereka. Berawal dari tradisi ini, makanan daging mentah ini mulai populer di kota Hamburg. Namun, penduduk kota Hamburg mengolah daging ini menjadi matang sebelum mengonsumsinya.

Di Amerika, terdapat beberapa versi awal hamburger. Selain hamburger yang berasal dari kota Hamburg. Terdapat juga hamburger yang berasal dari kota Seymour Fair. Namun, berisi bakso pipih yang dibungkus roti. Bentuk bakso pipih di tengah roti ini karena idenya sang penjualnya yang bernama Charlie Nagreen. Awalnya bakso tidak berukuran pipih, namun saat bakso tidak berukuran pipih banyak orang kesulitan memakannya. Sehingga diubah bentuknya menjadi pipih agar lebih mudah digigit.

Seperti itulah sejarah makanan hamburger dengan beberapa versi. DapurMedan.com juga menjual hamburger tanpa MSG. Ideal untuk acara pesta, komsel, dan lainnya. Membutuhkan catering dengan berbagai jenis makanan ? Silakan hubungi DapurMedan.com